Senin, 10 Maret 2014

World Confederation for Physical Therapy (WCPT)

WCPT, yang dibentuk pada tahun 1951, merupakan organisasi internasional tunggal fisioterapi, yang mewakili lebih dari 350.000 fisioterapis di seluruh dunia melalui 106 organisasi anggotanya. Konfederasi ini merupakan organisasi non-profit dan terdaftar sebagai organisasi amal di Inggris.

WCPT meyakini bahwa setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan dengan standar setinggi mungkin sesuai budaya nya yang diberikan dalam suasana kepercayaan dan penghargaan terhadap harga diri nya sebagai manusia, dan didukung oleh bukti ilmiah penjelasan klinis yang disampaikan secara lisan. WCPT berkomitmen untuk memajukan profesi fisioterapi dan meningkatkan kesehatan global melalui:
  • Mendorong terselenggaranya praktek, pendidikan, dan penelitian fisioterapi yang berstandar tinggi 
  • Mendukung terciptanya pertukaran informasi antar wilayah dan organisasi anggota WCPT 
  • Bekerja sama dengan organisasi-organisasi nasional dan internasional

 Sejarah

Pada tahun 1951, WCPT baru memiliki 11 anggota organisasi pendiri, yaitu Australia, Kanada, Denmark, Finlandia, Britania Raya, Selandia Baru, Norwegia, Afrika Selatan, Jerman Barat, Swedia, dan Amerika Serikat.

Kongres internasional pertama dan Rapat Umum Kedua diadakan di London pada tahun 1953, di mana saat itu komite eksekutif pertama terpilih.

Selama dekade pertama, keanggotaan meningkat menjadi 16 organisasi, meskipun WCPT tidak punya penghasilan tetap dan bergantung pada sumbangan sukarela dari organisasi anggota dan sumbangan berkala dari badan-badan internasional lainnya. Pada tahun 1961, WCPT memiliki penghasilan per kapita per tahun, kantor sendiri di London dan Sekretaris Jenderal.

WCPT memperkuat posisinya di kancah internasional dengan memperoleh status konsultatif dari PBB dan hubungan resmi dengan WHO. WCPT juga membangun kerja sama dengan lembaga sukarela internasional  seperti Rehabilitation International, World Medical Association, dan badan PBB seperti UNICEF.

Pada tahun 1991, WCPT membentuk lima wilayah bagian dengan komite regional tersendiri untuk meningkatkan komunikasi antar organisasi anggota pada wilayah yang sama dengan pandangan sosial ekonomi budaya yang serupa.

Sepanjang sejarahnya, WCPT telah mengembangkan statement, di antaranya kurikulum pendidikan, untuk mendukung pengembangan profesi. Pada rapat umum tahun 1995, serangkaian deklarasi statement prinsip dan posisi mulai diterapkan untuk pertama kalinya, menyediakan pedoman kebijakan dasar tentang praktek, pendidikan dan penelitian bagi organisasi anggota nya. Dokumen kebijakan baru mulai diterapkan di setiap rapat umum sejak saat itu, di antaanya deskripsi fisioterapi, standar praktik dan pedoman untuk pendidikan profesi fisioterapi tingkat pemula.

Awal milenium baru WCPT merayakan hari jadinya yang ke 50 dengan mengadakan pertemuan organisasi anggota untuk membahas tentang evidence based practice (praktik berbasis bukti). Pertemuan tersebut menitikberatkan pada bagaimana WCPT dan profesi fisioterapi di tahun-tahun mendatang. Internet telah dikembangkan sebagai cara utama WCPT menjalin komunikasi dengan organisasi anggotanya, memberikan potensi baru bagi fisioterapis di seluruh dunia dalam berbagi informasi dan berbagi keahlian. Keanggotaan WCPT telah berkembang dengan pesat, dengan total 106 anggota pada tahun 2011 dan 12 kelompok afiliasi spesialis.

WCPT telah mengadakan 15 kongres internasional sejak dibentuk, yang diadakan setiap 4 tahun sekali.

Hari Fisioterapi Dunia yang ditetapkan oleh WCPT pada tahun 1996, telah menjadi semakin populer dan berpengaruh. Setiap tahunnya organisasi fisioterapi di seluruh dunia menyelenggarakan kampanye dan kegiatan untuk merayakannya dan mempublikasikan peranan fisioterapis.

Sumber: WCPT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar